Jumat, 20 April 2012

Channa Striata (Aruan)


Channa Striata adalah keluarga ikan gabus dan termasuk golongan ikan predator yang hidup di kolam, sungai dan air yang tergenang dan berlumpur.  

Ikan ini juga bisa ditemukan terutama di rawa-rawa, tetapi juga terjadi di sungai-sungai dataran rendah 

berkedalaman 1-2 meter.

Ikan gabus adalah sejenis ikan buas yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah: aruan, haruan ), kocolan , bogo , bayong, bogo, licingan  kutuk , dan lain-lain. Dalam bahsasa inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata.
Bagi orang Banjarmasin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ikan haruan ato yang dikenal dengan ikan gabus. Ikan gabus merupakan ikan pancingan yang biasa ditemui di sungai, rawa, danau dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Selain itu, ikan ini sering kali diasinkan dengan harga jual yang lumayan mahal. Ikan gabus menyebar luas mulai dari Pakistan di barat, Nepal bagian selatan, kebanyakan wilayah di India, Bangladesh, Sri Lanka, Tiongkok bagian selatan, dan sebagian besar wilayah di Asia Tenggara termasuk Indonesia bagian barat. Gabus dan kerabatnya termasuk hewan Dunia Lama, yakni dari Asia (genus Channa) dan Afrika (genus Parachanna). Seluruhnya kurang lebih terdapat 30 spesies dari kedua genus tersebut. Kebanyakan orang ga suka sama ni ikan karena bentuknya yang menyerupai ular, trus lagi makannya cacing, katak, anak-anak ikan, udang, insekta, dan ketam. Bahkan di Amerika Utara, ikan ini ini dan beberapa kerabat dekatnya yang sama-sama termasuk snakehead fishes diwaspadai sebagai ikan berbahaya, yang dapat mengancam kelestarian biota perairan di sana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar ^_^